Minggu, 23 September 2012

Juara I LKTI Biosfer seJawa Timur – Bali

Berpikir Kritis untuk Alam dalam Ajang Karya Tulis Ilmiah
               BIOSFER (Biology Open House for Environmental Recognition) merupakan acara tahunan, dengan tujuan memperkenalkan Jurusan Biologi pada masyarakat luas dan memperkenalkan peran biologi di era modernisasi seperti saat ini. Tema BIOSFER VI yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Biologi Universitas Brawijaya (HIMABIO-UB) tahun ini adalah “Pelestarian Flora dan Fauna”. Lanjutkan Baca.
Serangkaian acara yang diprakarsai oleh HIMABIO-UB dalam event tersebut, salah satunya adalah lomba LKTI. Tema dari Lomba LKTI ini adalah Pelestarian Flora dan Fauna secara bijak. Ajang ini diikuti oleh sekolah-sekolah dari daerah Jawa Timur dan Bali.
           Dalam acara LKTI Biosfer tahun ini, SMAN 10 Malang (Sampoerna Academy) diwakili oleh Galih Ramadana Suwito, Sonny Bhaksono Aji, dan Rony Aldhea Dwi Cahya yang tergabung dalam kelompok Dewan Riset Muda. Perlu waktu satu bulan bagi mereka untuk menyelesaikan penelitian sistem sosio-lingkungan yang diberi nama Deposito Hijau. Pada hari Minggu, 23 September 2012 merupakan acara final untuk lomba LKTI. Setelah melakukan proses penilaian tahap 1 yaitu seleksi dokumen dan berkas-berkas lkti, 10 finalis terpilih untuk melakukan penilaian tahap 2 yaitu presentasi. Presentasi dilakukan dalam waktu 10 menit dengan menayangkan slide. Setelah itu peserta diberi waktu 10 menit untuk menjawab pertanyaan dari dewan juri. Acara presentasi dibagi 2 gelombang, gelombang 1 menampilkan  5 tim dan gelombang 2 menampilkan 5 tim. Acara presentasi dimulai pada pukul 09.45 dengan penampilan pertama dari tim SMAN 10 Malang. Bersyukur mendapat giliran pertama dalam presentasi, sebab pikiran masih fresh. Presentasi tim dari masing-masing sekolah selesai pada pukul 13.45 WIB.

              Pukul 14.00 semua peserta lomba dalam ajang BIOSFER VI diarahkan untuk berkumpul di pentas utama, hutan biologi UB. Disekitarnya terdapat banyak stand yang menyuguhkan ciri khas dari stan mereka seperti makanan, produk ukm mahasiswa, pameran fotografi, organisasi mahasiswa, dan masih banyak yang lainnya. Selain itu di pentas utama, panitia menyuguhkan tontonan inspiratif untuk menyemarakkan event BIOSFER VI tahun ini seperti penampilan drama dan akustik. Acara yang ditunggu-tunggu yaitu pengumuman pemenang dari setiap lomba.Yang pertama pengumuman lomba fotografi. Selanjutnya lomba cerdas alam yang pemenangnya diambil 1 orang.Pengumuman pemenang lomba telling story dari siswa SMP. Dan yang terakhir pengumuman pemenang lomba LKTI. Untuk juara ketiga di raih oleh SMAN 1 LAWANG. Juara kedua oleh SMAK 1 PETRA Surabaya. Juara pertama dari SMAN 10 MALANG.

             Acara terakhir ditutup oleh MC, dan pembagian hadiah untuk para pemenang lomba. Semoga acara ini menjadi pengalaman dan pelajaran berharga untuk kita semua agar generasi muda kelak bersama-sama dapat membangun bangsa ini kearah yang lebih baik, ungkap salah satu panitia lomba.(tim lkti)

0 komentar:

Posting Komentar