Minggu, 16 September 2012

Kunjungan ke Forum Ilmiah Sekolah Islam Al Izzah


Kehidupan ilmiah merupakan aspek yang tidak dapat kita lepaskan dari dunia yang sedang mengalami demam globalisasi ini. Masyarakat dunia terutama para pemuda tentu sangat berperan dalam mekanisme jalannya perkembangan dunia. Dengan semangat kepemudaan yang didukung dengan kegiatan aktif, maka bukan tidak mungkin pemuda Indonesia dapat meraih prestasi dunia dalam kajian ilmu pengetahuan dan teknologi.
Lanjutkan Baca

Untuk mencapai hal itu  maka diperlukan kegiatan-kegiatan yang melibatkan para pemuda untuk dapat berkumpul dalam suatu forum ilmiah, seperti halnya yang dilakukan oleh 5 siswa dari SMAN 10 Malang (16/09) yang berkunjung ke sekolah islam berasrama Al Iza dalam rangka pertemuan forum dan berbagi ilmu dengan murid di sana. Mereka adalah Galih Ramadhana Suwito(XI IPA 5), Edwin Luthfi Saputra(XI IPA 4), Della Wachidatul Angela(XI IPA 5), Rendy Julianto(XI IPA 6), dan Vivy Astridtasari(X 10) pada Sabtu, 15 September 2012.

Kegiatan forum dilaksanakan pada pukul 10.00 sampai pukul 12.00 WIB di sebuah laboratorium biologi bersama seorang trainer, Budi Cahyono. Kegiatan diawali dengan pengenalan akan pohon ilmiah yang merupakan dasar dari dunia ilmiah. Setelah beberapa saat, kelima siswa dan siswi SMAN 10 Malang berbaur dengan murid Al Iza untuk membentuk sebuah forum untuk membahas tentang pohon ilmiah dan karya. Setelah itu, masing-masing siswa dari SMAN 10 Malang saling berbagi dengan para siswa Al Iza akan dunia ilmiah dan kegiatan ilmiah yang dilakukan di SMAN 10 Malang. 

    Puncak dari forum ilmiah kali ini adalah pembuatan karya dari masing-masing kelompok yang didampingi oleh masing-masing siswa SMAN 10 Malang. Disana setiap kelompok saling berdiskusi satu sama lain untuk memecahkan masalah yang ada di kehidupan Indonesia maupun di area sekolah Al Iza sendiri. Meski terdapat perbedaan pendapaat, siswi Al Iza yang didampingi oleh siswa dan siswi SMAN 10 Malang dapat menemukan titik temu sehingga menghasilkan suatu solusi yang disepakati bersama.

     Kegiatan berjalan dengan baik dan menyenangkan dengan hasil akhir berupa karya-karya ilmiah yang mana akan dikualifikasi untuk dipublish dalam opini Jawa Pos. Dengan kegiatan ini, maka diharapkan tak hanya hubungan akademik namun juga hubungan silaturahmi antara SMAN 10 Malang dengan Al Iza dapat tetap berjalan dengan baik dan akur saling membantu dan berbagi. “Dengan berkarya kita lebih berharga, dengan berbagi kita lebih berarti”.(win)

0 komentar:

Posting Komentar